Resep Puding Cincau Susu Kedelai yang Lezat


Hari ini kami akan mencoba berbagi resep puding cincau susu kedelai yang lezat dan menyehatkan. Penasarankan bagaimana cara pembuatannya? Eiiits, tunggu dulu. Sebelum langsung ke pembahasan yang utama, apakah Anda sudah tahu apa itu cincau? Kalu belum, berikut ini akan coba kami jelaskan secara singkat kepada Anda.

Menurut wikipedia indonesia, cincau sendiri merupakan gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun tumbuhan tertentu dalam air. Gel ini terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Cincau memang paling banyak digunakan sebagai salah satu komponen utama dalam minuman penyegar, contohnya es cincau atau es campur. Hadirnya cincau pada minuman tersebut dapat memberikan efek penyejuk serta sebagai peluruh.
Resep Puding Cincau Susu Kedelai yang Lezat
Ilustrasi foto: copyright dailycookingquest.com
Untuk membuat resep puding cincau susu kedelai, pastikan dirumah Anda terdapat cincau atau bisa juga beli di supermarket. Kemudian siapkan juga susu kedelainya ya, tak lupa juga dengan satu bungkus agar-agar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat puding cincau susu kedelai yang di lansir dari vemale.com

Bahan-bahan
  • 1 liter susu kedelai 
  • 1 bungkus (10 gram) agar-agar
  • 200 gram cincau,  potong dadu 1 cm

Cara membuat puding cincau susu kedelai

  1. Campur susu kedelai dan agar-agar dan bubuk jelly dalam panci. Masak sampai hanya panas dan mengeluarkan uap air (tidak perlu menunggu mendidih agar susu tidak gosong) sambil diaduk terus-menerus.
  2. Saring ke dalam cetakan, lalu cepat sebarkan cincau ke dalam agar-agar yang masih cair.
  3. Biarkan dingin sampai mengeras. Setelah mengeras, pindahkan ke lemari es selama minimal 2 jam.
  4. Potong dan sajikan.
Di lihat dari proses pembuatannya, tentunya Anda tidak akan merasa kesulitan ketika Anda hendak mencoba membuatnya. Selain itu, bahan-bahan untuk membuat puding cincau susu kedelai juga sangat mudah didapat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membuatnya.

Rupanya sampai disini dulu informasi seputar resep puding cincau susu kedelai yang bisa kami share kepada Anda. Jangan lupa baca juga resep puding kami yang lainnya seperti Resep Membuat Puding Cokelat yang Lezat