Tips Belajar Memasak Bagi Pemula


Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba berbagi tips kepada Anda khususnya kaum wanita terutama yang sudah mempunyai keluarga, yaitu “Cara Mudah Belajar Memasak”. Bagi seseorang, memasak adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang tak boleh terlewatkan. Sehingga ada beberapa orang yang menganggap bahwa memasak itu bukan hanya sebatas kegiatan saja melainkan memasak adalah salah satu bagian dari kesukaan mereka.

Namun, disisi lain ada juga yang merasa kesulitan dalam hal memasak. Ya..meskipun saat ini sudah cukup banyak juga sih buku panduan untuk memasak (resep). Tapi, apakah dengan banyaknya resep masakan tersebut dapat menjadikan seseorang pandai memasak? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Lho kok gitu? Iyalah, karena salah satu kunci seseorang untuk bisa memasak adalah dengan mencobanya. Percuma kita tahu banyak resep kalau tidak pernah mencoba untuk membuatnya. Iya, kan?

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan tips sederhana kepada Anda supaya Anda menjadi seseorang yang pandai dalam bidang memasak. Apa saja tipsnya? Berikut ini adalah cara belajar memasak untuk seorang pemula.
Tips Belajar Memasak Bagi Pemula
Ilustrasi foto: www.nautilusplus.com
  • Jangan takut salah
Salah satu poin terpenting yang harus ditanamkan kepada diri Anda yang mempunyai keinginan untuk bisa memasak adalah jangan takut salah atau jangan pernah takut untuk mencoba. Karena kalau Anda tidak mau mencobanya, percayalah bahwa sampai kapanpun Anda tidak akan pernah bisa memasak. Kegagalan itu bukanlah sesuatu yang mesti di takutkan, karena dengan kegagalan Anda akan belajar banyak darinya. Ingat dan yakinlah bahwa salah atau gagal dalam memasak merupakan hal yang wajar bagi  Anda yang baru pertama kali belajar memasak. Jadi, jangan pernah takut mencoba ya!

  • Bahan-bahan yang masih segar
Ketika Anda hendak belajar memasak, pastikan pula bahwa bahan-bahan yang Anda gunakan adalah bahan-bahan yang masih dalam keadaan segar. Hal ini tentu sangat penting karena dapat memudahkan Anda nantinya. Perlu diketahui bahwa bahan-bahan yang berkualitas termasuk bahan yang masih segar akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap hasil masakan Anda.

  • Gunakan peralatan masak yang baik
Untuk yang satu ini sebetulnya sih tidak terlalu penting juga, namun kami memasukannya supaya Anda lebih mudah saja saat belajar memasak. Peralatan memasak yang baik dan terstandar akan lebih mudah dan aman pada saat digunakan oleh Anda terutama bagi seorang pemula.

  • Buatlah menyenangkan
Anda tahukan apa maksudnya? Yups, tepat sekali. Buatlah kegiatan memasak menjadi sesuatu hal yang menyenangkan bagi Anda. Dengan begitu, belajar memasak tidak akan menjadi beban untuk Anda melainkan akan menjadi sebuah kegemaran atau hobi baru bagi Anda karena Anda telah menyukai yang namanya memasak.

  • Jangan menyerah
Anda sudah berapa kali mengalami kegagalan saat pertama kali belajar memasak? Satu, dua, tiga, atau lebih dari itu? Teruslah berusaha, mencoba, dan jangan menyerah. Karena dalam waktu dekat Anda pun akan bisa memasak bahkan bisa ahli dalam  memasak. Lakukanlah kegiatan memasak secara rutin dan jangan pernah berhenti meskipun Anda sudah berulangkali mengalami kegagalan. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda mampu dan bisa melakukannya.

Itulah tips belajar memasak yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga dengan tips diatas bisa memotivasi Anda supaya lebih giat lagi dalam belajar memasak. Selamat mencoba ya!

Untuk memulai belajar, Anda bisa mencoba memasak ikan kakap yang bisa di baca artikelnya di Resep Membuat Ikan Kakap