Resep Kue Lapis Basah Sederhana yang Sangat Nikmat


Kali ini Resep Makanan yang akan di bagikan oleh Koki Andalan adalah resep kue lapis basah sederhana namun mempunyai rasa yang lezat yang dapat memanjakan lidah Anda. Anda pastinya sudah tahu kan dengan kue lapis? Kue lapis basah ini merupakan salah satu makanan tradisional yang seringkali di jajakan di pasar-pasar tradisional. Disebut kue lapis basah karena makanan yang satu ini memiliki warna yang berlapis-lapis dan sedikit basah juga sih, hehee..

Untuk mendapatkan kue lapis basah sangatlah mudah karena Anda dapat menemukannya di warung-warung, toko kue, atau pasar tradisional. Selain itu, kue lapis juga biasanya diberi harga yang sangat murah. Sehingga, selain kuenya enak harganya pun sangat pas di kantong. Tidak hanya disukai oleh kalangan anak-anak saja, orang dewasa pun banyak yang menyukai kue tradisional yang satu ini.

Tidak perlu mempunyai keahlian khusus untuk membuat makanan tradisional yang satu ini. Asalkan Anda tahu apa saja bahan-bahannya dan mengikuti tatacara pembuatannya, maka Anda pun sudah bisa membuat kue lapis basah. Lagi pula, bahan-bahan untuk pembuatannya pun sangat mudah didapatkan kok, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mencari bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat kue lapis.

Sebelum Anda mengikuti resep kue lapis basah yang telah kami bagikan dibawah ini, pastikan Anda membuatnya sesuai dengan jumlah orang yang akan mengonsumsi kue lapis ini. Karena, kue tradisional yang satu ini tidak awet sehingga apabila telah di sajikan harus segera di santap dan jangan disimpan buat di konsumsi keesokan harinya.

Resep Kue Lapis Basah Sederhana
Bahan-bahan
  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram tepung kanji
  • 800 ml santan kental
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 350 gram gula pasir
  • 1 ½ sendok makan margarin
  • Pewarna makanan berwana hijau muda secukupnya
  • Pewarna makanan berwarna merah muda secukupnya

Cara membuat kue lapis basah

  1. Masak santan dan masukan pula daun pandan serta tambahkan garam. Aduk terus hingga sampai mendidih. Setelah itu angkat, lalu saring.
  2. Panaskanlah kembali diatas api yang kecil, kemudian masukkan gula pasir dan juga margarin, Aduk aduk hingga sampai gulanya larut. Kemudian angkat.
  3. Selanjutnya diwajan yang lain coba campurkan tepung beras dan serta tepung kanji.
  4. Tuangkan santan hangat tadi ke dalamnya, kemudian aduk-aduk hingga sampai menjadi adonan kue lapis yang cukup licin. Bagi adonan ini menjadi 3 bagian (untuk pewarnaan), berilah dua tetes pewarna yang berbeda-beda pada setiap adonan kue dan serta aduk rata.
  5. Ambil loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng serta tuangkan kira-kira 100 ml adonan hijau muda dan serta kukus 10 menit.
  6. Kemudian anda lanjutkan dengan adonan merah muda, kukus lagi selama 30 menit, angkat dan biarkan hingga dingin.
  7. Selesai deh, dan kue lapis pun sudah siap untuk di sajikan dan di nikmati bareng keluarga Anda.
*gambar diatas hanyalah contoh kue lapis basah

Bagaimana, apakah Anda merasa kesulitan? Kami yakin Anda pasti bisa kok membuat kue lapis basah yang sederhana ini. Karena resep kue lapis basah di atas tidaklah terlalu rumit pastinya. Jangan lupa untuk membaca resep kue kami lainnya, seperti resep roti pisang nuttela manis