Resep Kue Lidah Kucing Yang Sangat Mudah


Kue kering yang satu ini sebenarnya adalah kue khas negeri Belanda, yakni “Kattetong” yang secara harfiah berarti lidah kucing. Kue kering ini dinamakan lidah kucing bisa jadi karena bentuknya yang tipis dan panjang.

Untuk membuat resep kue lidah kucing tidaklah rumit kok, baik bahan maupun caranya. Hal yang mesti diperhatikan ketika ingin membuat kue lidah kucing adalah pada saat proses pemanggangan. Disarankan untuk tidak menggunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, tapi cukup dengan suhu 160oC dengan durasi pemanggangan selama 20 menit. Bila Anda menggunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, nantinya kue lidah kucing akan terdapat gosong pada bagian sisi tapi lembek di bagian tengah.

Sekarang ini dipasaran mudah kita jumpai loyang khusus untuk kue lidah kucing. Sehingga dengan adanya loyang khusus ini risiko kue patah pada saat diangkat maupun bentuknya yang tidak cantik karena adonan meleber saat dicetak dapat diminimalisir. Dengan adanya loyang khusus ini pula, Anda cukup mengoles margarin setiap kali pada saat akan memanggang.

Resep Kue Lidah Kucing

resep sederhana kue lidah kucing
Ilustrasi kue lidah kucing via indirania.com

Bahan-bahan
- 600 gram mentega
- 600 gram tepung terigu protein rendah
- 350 gram gula halus
- 50 gram susu bubuk fullcream
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdt pasta vanili
- 4 buti telur (ambil putihnya saja)
- 2 kuning telur

Cara membuat kue lidah kucing
1. Kocok bahan mentega, gula halus, dan vanili hingga terlihat putih pucat. Tambahkan kuning telur, lalu kocok kembali sampai adonan mengembang.
2. Campurkan tepung terigu dan susu, kemudian ayak sambil dimasukkan dalam adonan telur.
3. Kocok putih telur pada wadah yang terpisah hingga mengembang. Masukkan gula pasir dan kocok terus hingga kaku.
4. Secara bertahap masukkan adonan putih telur pada adonan kuning telur sambil diaduk rata dengan menggunakan spatula.
5. Tuangkan adonan yang sudah jadi tadi kedalam plastik segitiga yang telah dipasangi spuit motif polos. Setelah dimasukkan barulah semprotkan adonan pada cetakan lidah kucing. Panggang dalam oven dengan suhu yang telah disebutkan diawal-awal, yakni 160oC selama 20 menit.

Pastikan untuk berhati-hati pada saat mengemas kue lidah kucing mengingat kue kering yang satu ini sangat mudah hancur. Selamat mencoba, ya.