Resep Ayam Goreng serenyah KFC


Anda pastinya pernah makan ayam goreng di KFC, kan? Bagaimana menurut Anda dengan sajian ayam gorengnya? Pernahkah dalam benak Anda ingin sekali mencoba membuatnya? Jika benar demikian, sekarang Anda berada di halaman yang sangat tepat dimana Anda dan keluarga sebentar lagi bisa menyantap ayam goreng KFC buatan Anda sendiri.

Ketika ingin membuat ayam goreng serenyah KFC, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dan itu akan menjadi kunci utamanya. Kuncinya adalah terletak pada tepung dan proses pembuatannya. Selain itu, pada saat menggoreng diusahakan untuk menggunakan minyak yang banyak supaya daging ayamnya bisa matang secara merata. Langsung disimak aja ya, resep ayam goreng serenyah KFC nya…
resep ayam goreng renyah
Ilustrasi ayam goreng tepung super renyah
Bahan:
- 1 kg ayam, potong-potong
- 1 sdt bubuk bawang putih
- 1 sdt lada halus
- 1/4 sdt bubuk cabe merah kering
- 1/2 sdt garam halus
- Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis Cair:
- 300 ml air dingin /air es
- 300 g tepung terigu tinggi protein (saran, cap cakra kembar)
- 40 g tepung maizena
- 1/2 sdm susu bubuk
- 1 butir kuning telur
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam halus
- 1/2 sdt lada halus

Bahan Pelapis Kering:
- 400 g tepung terigu tinggi protein
- 100 g tepung maizena
- 1/2 sdt baking soda
- 1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
- 1 sdt bubuk bawang putih
- 1/4 garam halus (bila ingin rasa ayam pedas, anda bisa menambahkan bubuk cabe)

Cara Membuat Ayam Goreng Serenyah KFC

1. Buat terlebih dahulu bagian pelapis cairnya. Caranya adalah campur tepung terigu, tepung maizena, baking powder, susu bubuk, lada, vetsin, dan garam. Aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur dan air dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga semua bahannya tercampur secara merata. Simpan pelapis cair ini di tempat dingin/kulkas.
2. Setelah membuat pelapis cair, sekarang buat pula pelapis keringnya. Untuk membuat pelapis kering ini sangatlah mudah karena Anda tinggal mencampur semua bahan pelapis kering dan aduk sampai merata, lalu sisihkan.
3. Potongan ayam kemudian diberi bumbu garam, bawang putih bubuk, lada, serta cabe merah bubuk. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit supaya bumbunya meresap dengan baik.
4. Potongan ayam yang telah dibumbui selanjutnya dimasukkan ke pelapis kering dengan cara diguling-guling supaya seluruh permukaannya terselimuti oleh tepung.
5. Potongan ayam yang telah diselimuti lapisan kering kemudian dicelupkan kedalam pelapis cair. Setelah itu gulingkan kembali kepelapis kering sambil diremas-remas. Bila ingin lebih kriuk Anda bisa melakukannya hingga 2 kali. Lakukan hal yang sama hingga potongan ayamnya habis.
6. Panaskan minyak, dan goreng ayam di dalam minyak banyak dengan suhu minyak panas sedang. Masak ayam sampai warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan dan kering. Angkat, lalu tiriskan.
7. Ayam goreng serenyah KFC pun sudah siap dihidangkan bersama saus dan sambal.

Tips tambahan:
- Untuk pelapis cairnya sebaiknya jangan terlalu kental. Lebih baik tingkat keencerannya mirip seperti adonan tepung pisang goreng.
- Banyak yang beranggapan bahwa supaya ayam lebih renyah adalah dengan menggunakan tepung yang tebal. Padahal, anggapan seperti itulah yang membuat ayam tidak crispy. Satu kali balut saja sudah cukup untuk membuat ayam goreng menjadi crispy.

Nah, itulah resep ayam goreng serenyah KFC yang bisa Anda coba dirumah untuk dihidangkan bersama keluarga. Selama mencoba ya! Nantikan pula resep masakan lainnya cuma di Koki Andalan.