Resep Ayam Betutu Yang Memanjakan Lidah


Resep Ayam Betutu yang siap menggoyang lidah ini adalah salah satu resep yang akan coba Koki Andalan bagikan untuk Anda semuanya. Kita tahu bahwa Ayam merupakan salah satu bahan dasar masakan yang bisa diolah menjadi aneka masakan yang enak dan lezat. Salah satu makanan khas dari bali yang juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya adalah Ayam Betutu.

Ayam betutu ini merupakan pengolahan lauk yang masih utuh alias tidak dipotong terlebih dahulu. Selanjutnya ayam betutu ini diberi bumbu yang khas sehingga menciptakan aroma dan rasa yang bisa membuat orang ketagihan untuk menikmatinya.
resep ayam betutu
Ilustrasi masakan ayam betutu
Bagi masyarakat Indonesia makanan yang satu ini mungkin tidaklah asing mendengarnya. Akan tetapi, kebanyakan orang masih belum bisa bagaimana cara membuat ayam betutu tersebut. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut adalah resep ayam betutu yang lezat yang siap memanjakan lidah Anda.

Resep Ayam Betutu

Bahan-bahan/Bumbu:
- 1 ekor ayam segar yang masih dalam keadaan utuh
- 12 butir bawang merah yang telah dihaluskan
- 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan
- 6 buah kemiri yang telah dihaluskan
- 5 buah cabai merah yang telah dihaluskan
- 100 gram daun singkong muda yang telah direbus, diperas, dan dipotong
- 1 cm lengkuas, 1 cm jahe, 2 cm kencur, 4 cm kunyit, 5 cm serai, 1 sdm ketumbar, 1 sdt terasi bakar, ½ sdt pala, 2.5 sdt garam.
- 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat Ayam Betutu

- Setelah Anda menyiapkan bahan-bahannya, langkah berikutnya adalah memasak daging ayam yang masih segar. Langkah awal yang mesti dilakukan adalah mengaduk-aduk bumbu dengan minyak goreng sampai merata.
- Lumuri ayam dengan sebagian bumbu yang telah dihaluskan. Aduk sisa bumbu  bersama daun singkong. Kemudian belah ayam dan masukkan daun singkong kedalamnya.
- Bungkus ayam yang telah diracik menggunakan daun singkong. Kukus ayam dengan menggunakan api sedang hingga matang. Setelah matang, angkat ayam dan bakar dengan keadaan masih terbungkus daun.

Itulah resep ayam betutu yang merupakan salah satu makanan khas dari bali. Semoga dengan adanya resep diatas Anda pun bisa membuatnya dirumah sendiri.